Senin, 04 Februari 2013

Sholat Hajat Bukan Bid'ah

Pertanyaan : Assalam alaikum warohmatullohi wabarokatuh, Ustadz, apakah hukum sholat hajat ? Saya mendengar bahwa haditsnya dhoif, jadi tidak disyariatkan atau bid’ah.Terimakasih.

Jawab : Wa alaikum salam warohmatullohi wa barokatuh.Alhamdulillah washolatu wassalam ala sayyidina Muhammad wa alihi wa azwajihi wa shahbihi.Amma ba’du 
Sholat hajat disyariatkan dan disunnahkan dengan kesepakatan seluruh ulama ( mausu'ah fiqhiyyah kuwaitiyyah ) :
 اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى أَنَّ صَلاَةَ الْحَاجَةِ مُسْتَحَبَّةٌ.

 Sebab Alloh memerintahkan kita untuk meminta tolong kepada-Nya dengan wasilah mendirikan sholat

 وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ [البقرة : 45
Artinya : Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu' ( QS .AlBaqoroh :45 )
Ibnu katsier rahimahulloh berkata : Alloh memerintahkan hamba-hamba-Nya
yang ingin mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat supaya meminta tolong ( kepada Alloh ) dengan sabar dan sholat .
Adapun yang dimaksud dengan sabar adalah shiyam sebagaimana dijelaskan oleh Imam Mujahid
                                 Demikian juga Nabi kita shollallohu alaihi wa sallam, beliau jika mendapatkan masalah bersegera memohon kepada Alloh dengan sholat .

( عنْ حُذَيْفَةَ قَالَ : كَانَ النَّبِىُّ –صلى الله عليه وسلم- إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ صَلَّى .) سنن أبى داود- (1 / 507
Dari hudzaifah radhiyallohu anhu berkata ; adalah Nabi shollallohu alaihi wa sallam jika mendapat masalah pelik beliau segera sholat ( HR.Abu Dawud, dishahihkan oleh Albany rahimahulloh ).

        Juga ketika datang seorang buta meminta doa kepada Nabi shollallohu alaihi wa sallam supaya sembuh dari sakitnya maka beliau shollallohu alaihi wa sallam memerintahkannya sholat hajat .

 عن عثمان بن حنيف رضي الله عنه أن أعمى أتى إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله ادع الله أن يكشف لي عن بصري قال أو أدعك قال يا رسول الله إنه قد شق علي ذهاب بصري قال فانطلق فتوضأ ثم صل ركعتين ثم قل اللهم إني أسألك وأتوجه إليك بنبيي محمد صلى الله عليه وسلم نبي الرحمة يا محمد إني أتوجه إلى ربي بك أن يكشف لي عن بصري اللهم شفعه في وشفعني في نفسي ) صحيح الترغيب والترهيب - (1 / 166) 
Dari Utsman bin Hanif radhiyallohu anhu bahwa seorang buta datang kepada Nabi shollallohu alaihi wasallam dan berkata : Wahai Rasulalloh, berdoalah kepada Alloh agar Dia menyembuhkan mataku maka Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda bagaimana jika aku enggan ? maka orang itu berkata ; sungguh berat bagiku kehilangan penglihatan ini.Lalu Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda : pergi dan berwudhulah lalu sholatlah dua rokaat kemudian berdoalah..( HR.Turmudzy dan Nasa’iy , dishahihkan Albany dalam shahih targhib wa tarhib )

. • Adapun contoh nukilan dari ulama madzhab yang empat :
1.Madzhab Hanafy
 Berkata Ibnu Nujaim alhanafy rahimahulloh : termasuk yang disunnahkan adalah sholat hajat yaitu dua rokaat
 . وَمِنْ الْمَنْدُوبَاتِ صَلَاةُ الْحَاجَةِ وَهِيَ رَكْعَتَانِ كما ذَكَرَهُ في شَرْحِ مُنْيَةِ الْمُصَلِّي مع ما قَبْلَهُ من الِاسْتِخَارَةِ وَالْأَحَادِيثُ بها مَذْكُورَةٌ في التَّرْغِيبِ والترهب )البحر الرائق - (2 / 56) .
2.Madzhab Maliki
Dalam fikih madzhab maliky sholat ini disebut dengan sholat qodho alhajat
 لما روى عبد الله بن أبي أوفى قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ( من كانت له إلى الله حاجة أو إلى أحد من بني آدم فليتوضأ فليحسن الوضوء ثم ليصل ركعتين (فقه العبادات - مالكي - (1 / 199
(disunnahkan sholat qadha alhajat ) karena hadits yang diriwayatkan Abdulloh ibnu abi Aufa berkata ; bersabda Nabi shollalohu alaihi wa sallam ; barang siapa memiliki hajat kepada Alloh atau kepada bani adam maka hendaknya ia berwudhu dengan baik lalu sholat dua rokaat ( fiqh ibadat maliky )
3.Madzhab Syafi’iy
 منها: صلاة الاستخارة والحاجة, ولا شك في اشتراط التعيين فيهما ولم أر من تعرض لذلك, لكن قال النووي في الأذكار: الظاهر أن الاستخارة تحصل بركعتين من السنن الرواتب, وبتحية المسجد, وبغيرها من النوافل.) الأشباه والنظائر - (1 / 23
Berkata Imam Suyuthi : diantaranya adalah sholat istikhoroh dan hajat, tidak ragu bahwa disyaratkan penentuan niat.tetapi Nawawy berkata dalam al adzkar bahwa istikhoroh dapat dilakukan setelah dua rakaat sunah rawatib dan tahiyatul masjid dan selainnya dari sholat nafilah.
4.madzhab Hanbaly
Berkata Ibnu Qudamah dalam kitab almughny : Fasal ( termasuk sholat sunnah ) adalah sholat hajat dari abdulloh ibnu abi aufa berkata : bersabda Rasululloh shollallohu alkaihi wasallam barangsiapa mempunyai hajat kepada Alloh atau kepada seorang dari bani adam maka hendaknya ia berwudhu dan membaguskan wudhu lalu sholat dua rokaat..HR.Turmudzy.

 • Demikian pula yang dikatakan oleh ulama masa kini.
1. Syaikh Abdul aziz bin Abdulloh bin Baz rahimahulloh ditanya tentang sholat hajat :
 مجموع فتاوى ابن باز(30)جزءا - (25 / 165) س: هل الحديث الذي رواه أحمد في صلاة الحاجة صحيح أم لا؟ ج: نعم، روى أحمد - رحمه الله - وغيره بإسناد صحيح عن علي - رضي الله عنه - عن الصديق - رضي الله عنه - أن الرسول - عليه الصلاة والسلام - قال: « من أذنب ذنبا ثم تاب ثم تطهر وصلى ركعتين فتاب إلى الله من ذلك تاب الله عليه » (2) أو كما قال - عليه الصلاة والسلام -. هذا صحيح وثابت وهو من الأسباب المعروفة إذا أذنب وأتى شيئا مما يكرهه الله ثم تطهر وصلى ركعتين - صلاة التوبة - ثم سأل ربه واستغفره فهو حري بالتوبة كما وعده الله بذلك، وحديث صلاة الاستخارة يسمى أيضا صلاة الحاجة لأن الاستخارة في الحاجات التي تهم الإنسان فيشرع له أن يصلي ركعتين ويستخير الله في ذلك.
Soal : apakah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad tentang sholat hajat shahih ? atau tidak ?
Jawab : Ya, Imam Ahmad dan selainnya meriwayatkan dengan sanad shahih dari Ali radhiyallohu anhu dari Ashidieq radhiyallohu anhu bahwa Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda ; barang siapa terlanjur melakukan dosa lalu bertaubat dan bersuci dan sholat dua rokaat serta bertaubat kepada Alloh maka Alloh akan memberi ampunan kepada-Nya.atau sebagaimana yang beliau sabdakan.ini shahih dan tsabit dan termasuk sebab yang disyariatkan jika seorang berdosa atau melakukan sesuatu yang dibenci Alloh kemudian bersuci dan sholat dua rokaat yaitu sholat taubat kemudian meminta kepada Alloh dan memohon ampun maka ia pantas mendapat ampunan seperti yang Alloh janjikan.Dan hadits sholat istikhoroh disebut juga sholat hajat karena istikhoroh dilakukan ketika seorang mempunyai hajat sehingga disyariatkan sholat dan meminta pilihan kepada Alloh .
 2.Syaikh Abu Bakar Al Jaza’iry hafidzahulloh Beliau mengatakan ketika mentafsirkan Surat Al Hijr ; 99 :

 أيسر التفاسير للجزائري - (3 / 97)
 مشروعية صلاة الحاجة فمن حزبه أمر أو ضاق به فليصل صلاة يفرج الله تعالى بها ما به أو يقضي حاجته إن شاء وهو العليم الحكيم. .
Disyariatkan sholat hajat.Maka barangsiapa gelisah dengan suatu masalah atau merasa sempit maka hendaknya ia sholat sehingga Alloh akan memberikan kemudahan dan menyampaikan hajatnya jika Ia berkehendak dan Dia Maha Mengetahui lagi Maha bijaksana .

Kesimpulan : sholat hajat disyariatkan dengan dalil-dalil di atas dan tidak bisa dikatakan bid’ah, bahkan pendapat demikian adalah muhdats.Wallohu a’lam bishowab.
Abdul Hakim Muhammad mukhlish.
_________

[1] .Mausuah fiqhiyah kuwaitiyah, asna almatholib 1/205, kasyaful qina 1/443,hasyiyah ibnu abidin 1/462,targhib wa tarhib 1/476, dasuqy 1/314.
[2] .tafsir alquranul adziem 1/.
[3] .Bahru raiq  2/56.
[4] .fiqh ibadat maliky 1/199.
[5] .AlMughny 1/805
[6] .Majmu Fatawa Ibnu Baz 25/165, dinukil dari Fatawa Nur ala darb.
[7] .Aisaruttafasir 3/97.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar