Kamis, 05 September 2013

Iedul fithri kemenangan dan awal perjuangan



الله اكبر الله اكبر لا اله الا الله الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
الله اكبر الله اكبر لا اله الا الله الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
الله اكبر الله اكبر لا اله الا الله الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
الله اكبر كبيرا و الحمد لله كثيرا و سبحان الله بكرة و أصيلا لا اله الا الله الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
الله اكبر نصر عبده و أعز جنده و هزم الاحزاب وحده لا اله الا الله الله اكبر الله اكبر و لله الحمد

بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمد لله ، نحمده ، ونستعينه ، ونستغفره ، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ، ومن سيئات أعمالنا ، من يهده الله فلا مضل له ، ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله .
﴿ يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون﴾.
{يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس وخلق منها زوجها وبث منهما رجالاً كثيراً ونساءً واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيباً }.
{يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وقولوا قولاً سديداً * يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزاً عظيماً}.
أما بعد :
فإن خير الكلام كلام الله ، وخير الهدي ؛ هدي محمد صلى الله عليه وسلم ، وشر الأمور محدثاتها ، وكل محدثة بدعة ، وكل بدعة ضلالة ، وكل ضلالة في النار.أما بعد
Kaum muslimin rahimakumulloh….
Tidak ada kebahagiaan seorang mukmin yang melebihi kebahagiaannya terhadap karunia Alloh dan rahmat-Nya :
{قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ } [يونس: 58]
Artinya : Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan".( QS.Yunus : 58 )
Sungguh nikmat Alloh yang teramat besar ketika seorang hamba dijadikan mampu menyempurnakan puasa satu bulan , yang satu hari saja menjauhkan wajahnya dari neraka sepanjang 70 tahun perjalanan.
Nikmat mendapatkan pemahaman ilmu agama dan amal shalih adalah rezki dunia dan akhirat , yang seorang mukmin tidak akan menukarnya dengan dunia dan seluruh isinya.Lihatlah seorang yang berpuasa ketika menunggu waktu berbuka tidak akan mau menukar puasa sehari dengan harta duniawy yang banyak sekalipun karena ia tahu bahwa balasan yang akan didapatkan dari Alloh jauh lebih besar dari uang yang mereka janjikan.Tidak sejuta tidak pula semilyar.
Merekalah yang berhak bertakbir di hari ini merayakan karunia Alloh yang mereka dapatkan dengan menyempurnakan puasa bulan Ramadhan.
{وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ } [البقرة: 185]
Artinya : dan hendaklah kamu menyempurnakan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur ( QS.Albaqoroh 185 )
Namun seorang munafik akan meninggalkan puasa hanya untuk sepeser harta dunia yang dengannya ia korbankan balasan di surga bahkan ia menukarnya dengan api neraka.Mereka tidak bersabar dengan ibadah dalam satu bulan yang hanya akan terasa beberapa hari saja
sebagaimana firman Alloh :
{أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ} [البقرة: 184]
Artinya ; Ramadhan adalah beberapa hari yang tertentu ( QS.AlBaqoroh 184 )
Kaum muslimin rahimakumulloh, belajarlah dari keberhasilan dan kegagalan .Barangsiapa berhasil menyempurnakan puasanya maka hendaklah ia yakin bahwa ia sesungguhnya  mampu menyempurnakan ibadah dalam 11 bulan selanjutnya .Dan barang siapa tidak berhasil menyempurnakan ibadah-ibadahnya di bulan penuh berkah itu maka kejar dan susullah dengan menambah amal shalih di bulan-bulan selanjutnya.Sesungguhnya kebaikan itu akan menutupi keburukan.
الله اكبر الله اكبر لا اله الا الله الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
الله اكبر الله اكبر لا اله الا الله الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
الله اكبر الله اكبر لا اله الا الله الله اكبر الله اكبر و لله الحمد
 Dengan ibadah shiyam bulan Ramadhan maka kita berusaha membuktikan kecintaan kita kepada Alloh Subhanahu Wa Ta’ala sungguh lebih besar dari kecintaan kepada makanan, minuman , pakaian, harta, keluarga bahkan segala sesuatu selain-Nya.
Kaum muslimin rahimakumulloh...
Alloh menciptakan malaikat dengan akal tanpa nafsu dan menciptakan binatang dengan nafsu tanpa akal. Para malaikat tak memiliki nafsu sehingga mereka selalu beribadah dan tak pernah bermaksiat.Sedang binatang diciptakan dengan nafsu tanpa  akal, sehingga mereka tidak diberi taklif / beban ibadah .
Sedangkan manusia diciptakan dengan akal dan nafsu sekaligus .Maka barang siapa dari manusia yang akalnya dikalahkan oleh nafsunya ,hanya memikirkan dan mengikuti hawa nafsu tanpa akalnya menimbang manfaat dan mudharat di dunia dan akhirat maka ia akan turun ke derajat binatang yang selalu disibukkan oleh aktifitas memenuhi hasrat nafsu, bahkan dengan adanya akal sesungguhnya ia lebih hina dari binatang .
{أُولَئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ} [الأعراف: 179]
Artinya :  mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai. ( QS.Al A’raf : 179 )
Merekalah inilah seburuk-buruk makhluk.
{أُولَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ} [البينة: 6]
Artinya : mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk ( QS.Albayyinah : 6 )

Namun jenis manusia yang akalnya mampu mengalahkan nafsunya maka ia akan naik ke derajat para malaikat yang mulia bahkan lebih mulia dari mereka .
{أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ} [البينة: 7]
Artinya : mereka itulah sebaik-baik makhluk (QS.Albayyinah : 7 )
 Merekalah orang-orang yang cerdas, dimana akalnya mampu menjawab seluruh bisikan dan godaan serta rayuan nafsu .Nabi kita shollallohu alaihi wa sallam bersabda :
عن أبي يعلى شداد بن أوس رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : [ الكيس من دان نفسه وعمل لما بعد الموت والعاجز من أتبع نفسه هواها وتمنى على الله ] رواه الترمذي وقال حديث حسن
Dari Abu Ya’la Syaddad bin Aus radhiyallohu anhu dari Naby Shollallohu alaihi wa sallam bersabda : Orang yang cerdas adalah seorang yang ( akalnya ) mampu mengalahkan hawa nafsunya dan beramal untuk ( kehidupan ) setelah kematian . Sedangkan orang yang lemah adalah seorang yang selalu memperturutkan kemauan hawa nafsunya sembari berangan-angan ( kebaikan ) Alloh . ( HR.Turmudzy )
Inilah ujian yang besar  bagi manusia yaitu ujian yang ada dalam diri mereka sendiri , ujian hawa nafsu .
Adapun musuh mereka yaitu syaithon maka sesungguhnya tipu daya mereka adalah lemah .
{إِنَّ كَيْدَ الشَّيْطَانِ كَانَ ضَعِيفًا } [النساء: 76]
Artinya : sungguh tipu daya syithon adalah lemah ( QS.Annisa : 76 )
Sedangkan tipu daya sebagian mereka adalah besar .
{إِنَّ كَيْدَكُنَّ عَظِيمٌ } [يوسف: 28]
Artinya : sesungguhnya tipu daya kalian ( para wanita ) sangat besar ( QS.Yusuf 28 ) .
Di sinilah syaithon menggunakan nafsu manusia sebagai kendaraan untuk membinasakan mereka .
{ إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّي إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ} [يوسف: 53]
Artinya : Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang ( QS. Yusuf : 53 ) .
Sedangkan hamba Alloh yang mampu menahan hawa nafsu maka mereka yang Alloh akan gantikan fatamorgana kenikmatan hawa nafsu dengan kenikmatan yang kekal dan abadi .
{فَأَمَّا مَنْ طَغَى (37) وَآثَرَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا (38) فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَى (39) وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى (40) فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى (41)} [النازعات: 37 - 41]
Artinya : 37. Adapun orang yang melampaui batas,38. dan lebih mengutamakan kehidupan dunia,39. Maka Sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya).40. dan Adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya,41. Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya).( QS.Annazi’at : 37-41 ) .
Kaum muslimin rahimakumulloh....
Hari ini adalah hari kemenangan yang besar, kemenangan iman atas  hawa nafsu , hari kegembiraan kaum mukminin..Naby shollallohu alihi wa sallam bersabda :
عن أبي هريرة رضي الله عنا قال صلى الله عليه و سلم : للصائم فرحتان : فرحة عند فطره وفرحة عند لقاء ربه ( رواه مسلم )
Dari Abu Hurairoh radhiyallohu anhu berkata Naby shollallohu alaiahi wa sallam bersabda : seorang yang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan , ( yaitu ) bergembira ketika berbuka dan bergembira saat berjumpa dengan Rabb-nya ( HSR. Muslim ) .
Berkata Imam Nawawy rahimahulloh : para ulama menjelaskan bahwa kegembiraan saat berjumpa dengan Rabb-nya karena melihat balasan amalnya serta mengingat nikmat Alloh yang telah memberinya taufiq untuk beramal .Adapun gembira saat berbuka adalah karena telah menyempurnakan ibadah dan selamat ibadahnya dari perusak amal serta karena harapan akan balasan kebaikan ( Syarh Muslim ) .
Kegembiraan seorang mukmin bukan karena ia dapat kembali makan , minum dan memuaskan nafsu melalui jalan yang halal dan baik , namun karena ia telah mendapat hidayah untuk mengambil rezki yang besar bagi kehidupan akhiratnya yaitu shiyam Ramadhan .
Hadirin rahimakumulloh...
Mendapatkan kemenangan adalah sulit namun mempertahankan kemenangan adalah jauh lebih sulit .
Maka barang siapa telah mendapatkan kemenangan di bulan Ramadhan maka ia wajib mempertahankan kemenangan perintah Alloh di atas perintah syaithon dan hawa nafsunya.
Mempertahankan niat bahwa seluruh hidupnya adalah untuk beribadah dan mengabdi hanya kepada kemauan Alloh Subhanahu Wa Ta’ala . Alloh berfirman :
{وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (56) مَا أُرِيدُ مِنْهُمْ مِنْ رِزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَنْ يُطْعِمُونِ (57) إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ} [الذاريات: 56 - 58]
Artinya : Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia  kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku saja ( 56 ) Aku tidak menginginkan dari mereka rezki atau  makanan ( 57 ) Sesungguhnya Alloh adalah Dzat Yang Maha Pemberi rezki dan Memiliki Kekuatan Yang Perkasa ( QS.Adzariyat 56-58 ) .
Mempertahankan sholat lima waktu dan berjamaah di masjid bagi kaum pria.
{فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا (59)} [مريم: 59]
Artinya : 59. Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, Maka mereka kelak akan menemui kesesatan,( QS.Maryam : 59 )
{وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ} [البقرة: 43]
Artinya : 43. dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku' ( berjamaah ) ( QS.Albaqoroh : 43 )
وعن بريدة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : [ العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة فمن تركها فقد كفر ] رواه الترمذي وقال حديث حسن صحيح
Dari Buraidah radhiyallohu anhu Nabi Shollallohu alaihi wa sallam bersabda : perjanjian antara kita dan mereka adalah sholat maka barang siapa meninggalkannya maka ia telah kafir ( HR.Turmudzy )
قال عمر رضي الله عنه : لا حظ في الإسلام لمن ترك الصلاة ( السنن الكبرى ت :محمد عبد القادر عطا (3/ 366)
Umar ibn Khattab berkata : tidak ada bagian dalam islam bagi yang meninggalkan shalat .( Sunan Kubra Baihaqy )
Mempertahankan berjilbab bagi kaum wanita .
{يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا } [الأحزاب: 59]
Artinya : 59. Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.( QS.Ahzab 59 )
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا ». صحيح مسلم (6/ 168)
 Dari Abu Hurairoh radhiyallohu anhu Rasululloh Shollallohu alaihi wa sallam bersabda : dua kelompok penghuni neraka yang belum aku lihat mereka ( saat ini ) adalah satu kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi mereka memukuli manusia dan para wanita yang berpakaian namun telanjang berlenggak-lenggok sanggul rambut mereka seperti punuk unta yang miring mereka tidak bisa masuk surga dan tidak bisa mendapat harumnya surga padahal ia tercium dari jarak yang sangat jauh ( HSR .Muslim )
Mempertahankan zakat dan sedekah .
{وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ (34) يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ } [التوبة: 34، 35]
Artinya :34. dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,35. pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu."( QS Taubah 34-35 )
Mempertahankan niat berhaji jika telah memilki kemampuan harta untuk berangkat  .
عن أبي أمامة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : من لم يحبسه مرض أو حاجة ظاهرة أو سلطان جائر ولم يحج فليمت إن شاء يهوديا أو نصرانيا   (السنن الكبرى ت :محمد عبد القادر عطا (4/ 334)
Dari Abu Umamah , Naby Shollallohu alaihi wa sallam bersabda : barang siapa ( mampu berhaji ), tidak terhalang sakit atau kebutuhan mendesak atau larangan  pemerintah yang dzalim namun tidak mau berhaji maka matilah ia jika ia mau sebagai yahudi atau nashrany ( HR.Baihaqy )
Marilah kita jaga kemenangan ini dengan menjaga iman dan ibadah sepanjang hayat sehingga kita tidak mati kecuali dalam keadaan islam .
وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ (99) )الحجر 99 )
Artinya : beribadahlah kepada Tuhan-mu hingga datang padamu yang engkau yakini kedatangannya ( kematian ) ( QS .Al Hijr 99 )
Beribadah bukan hingga Ramadhan berakhir namun hingga akhir hayat .
Semoga Alloh menerima seluruh ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini dan menjadikannya sebagai bekal iman yang menjadi bahan bakar ibadah sepanjang tahun hingga Alloh mempertemukan kita dengan Ramadhan tahun depan .Amin Ya Rabbal Alamin
إن الله و ملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه و سلموا تسليما
اللهم صل على محمد و على آل محمد كما صليت على إبراهيم و على آل إبراهيم إنك حميد مجيد
اللهم بارك على محمد و على آل محمد كما باركت على إبراهيم و على آل إبراهيم إنك حميد مجيد
اللهم تقبل منا صلاتنا و صيامنا و قيامنا و ركوعنا و سجودنا و تخشعناو تضرعنا و تمم تقصيرنا يا أرحم الراحمين
ربنا اغفر لنا و لوالدين و ارحمهم كما ربونا صغارا
ربنا آتنا في الدنيا حسنة و في الآخرة حسنة و قنا عذاب النار .
سبحان ربك رب العزة عما يصفون و سلام على المرسلين و الحمد لله رب العالمين .
Jakarta , 1 Syawal 1434 H / 8 Agustus 2013
Abdul Hakim Lc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar