Senin, 14 Oktober 2013

Menghambakan diri dan harta kepada Alloh semata

بسم الله الرحمن الرحيم
Menghambakan diri dan harta kepada Alloh semata
إن الحمد لله ، نحمده ، ونستعينه ، ونستغفره ، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ، ومن سيئات أعمالنا ، من يهده الله فلا مضل له ، ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله .
﴿ يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون﴾.
{يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس وخلق منها زوجها وبث منهما رجالاً كثيراً ونساءً واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيباً }.
{يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وقولوا قولاً سديداً * يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزاً عظيماً}.
أما بعد :
فإن خير الكلام كلام الله ، وخير الهدي ؛ هدي محمد صلى الله عليه وسلم ، وشر الأمور محدثاتها ، وكل محدثة بدعة ، وكل بدعة ضلالة ، وكل ضلالة في النار.ثم أما بعد
Kaum muslimin rahimakumulloh….
Hari ini adalah hari bergembiranya para pemuja Alloh rabb semesta alam yang telah menyempurnakan agamanya serta meridhoinya.Ia meridhoi islam yang diamalkan oleh Rasululloh shollallohu alaihi wasallam dan para shahabat radhiyallohu anhum ajmain .Agama islam adalah fitrah untuk berserah diri kepada Alloh, menyerahkan seluruh jiwa raga dan harta untuk di atur oleh Alloh Sang Pengatur alam raya .
Agama tauhid adalah agama amal shalih, bukan angan – angan dan slogan kosong .
قال الحسن البصري : ليس الإيمان بالتحلي و لا بالتمني و لكن ما وقر في القلب و صدقته الأعمال
Berkata : Hasan Al Bashry :Iman bukanlah hiasan perkataan bukan pula angan – angan , melainkan ia adalah apa yan terhunjam di hati dan terbuktikan dengan amal shalih ( mushonnaf ibnu abi syaibah )
Karena itulah perkataan seorang beriman kepada Alloh akan diikuti dengan ujian amal , Alloh berfirman :
أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ (2) وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ} [العنكبوت: 1 – 3 ].
 Artinya :. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji ? dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.( QS .Al Ankabut 2-3 )
Lihatlah ujian yang diberikan kepada Abul Anbiya Ibrahim alaihi sholatu wassalam
.
وكلاً نقص عليك من أنباء الرسل ما نثبت به فؤادك وجاءك في هذه الحق وموعظة وذكرى للمؤمنين} هود /120
Artinya :  . dan semua kisah dari Rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman ( QS . Hud 120  )
{وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ قَالَ إِنِّي جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا قَالَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِي الظَّالِمِينَ} [البقرة: 124]
Artinya : dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: "Sesungguhnya aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim".( QS . Al Baqoroh 124 ).
Ujian itu seluruhnya membuktikan tauhid , bahwa Alloh paling dicintai melebihi  dari diri dan harta dan anak dan segala sesuatu .
{قُلْ إِنْ كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُمْ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّى يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ } [التوبة: 24]
Artinya : Katakanlah: "Jika ayah , anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNya dan dari berjihad di jalan nya, Maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan NYA". dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. ( QS . Taubah 24 )
وعن أنس رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : [ ثلاث من كن فيه وجد بهن حلاوة الإيمان : أن يكون الله ورسوله أحب إليه مما سواهما وأن يحب المرء لا يحبه إلا لله وأن يكره أن يعود في الكفر بعد أن أنقذه الله منه كما يكره أن يقذف في النار ] متفق عليه
Dari Anas bin Malik radhiyallohuanhu bersabda Naby shollallohu alaihi wa sallam ; tiga hal yang jika dimiliki seorang hamba maka ia akan merasakan manisnya iman : Alloh dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada selain keduanya , mencintai seseorang hanya karena Alloh dan benci kembali kepada kekafiran setelah selamat sebagaimana benci dilemparkan ke neraka ( HR . Bukhary Muslim )
Karena itulah jihad adalah amal yang paling dicintai Alloh jika dengannya seorang mengorbankan diri dan harta untuk Alloh Taala .
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : [ ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام ] يعني أيام العشر . قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال : [ ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك بشيء ] رواه البخاري
Dari Ibnu Abbas rahiyallohu anhu bersabda Naby shollallohu alaihi wasallam : tidak ada hari-hari dimana amal shalih lebih dicintai Alloh melebihi hari-hari ini , yaitu sepuluh hari awal dari Dzulhijjah . Para shahabat bertanya : juga melebihi jihad fisabiilillah ? ya , kecuali jika seorang berjihad dengan diri dan hartanya lalu tidak kembali dengan apapun dari keduanya ( HR. Bukhary )
Sehingga dalam agama kita ibadah terdiri dari dua jenis , badaniyah dan maaliyah , ibadah badan dan harta  .Maka bersemangatlah beribadah dengan harta sebagaimana seorang bersemangat beribadah dengan badan.Barangsiapa enggan beribadah dengan harta maka ia telah meninggalkan setengah dari jenis ibadah.Ingatlah bahwa seorang yang beriman ketika mencari harta dunia maka bukan untuk sekedar bertujuan mendapatkan nikmat dunia yang sementara namun bertujuan mendapatkan ibadah dengan harta tersebut .Ia menukar rezki dunia tersebut menjadi rezki akhirat yang kekal abadi bersamanya .
Ibadah besar yang terdapat hanya di hari-hari yang mulia ini adalah : haji dan udhiyah/ kurban .
Haji
Ia merupakan salah satu rukun islam yang harus segera dilaksanakan jika telah ada kemampuan .
، قال تعالى:( ولله على الناس حج البيت من استطاع إليه سبيلاً ومن كفر فإن الله غني عن العالمين) .
Artinya : mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah .Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam ( QS . Ali imran 97 )


وعن أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ خَطَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ فَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ الْحَجَّ فَحُجُّوا، فَقَالَ رَجُلٌ: أَكُلَّ عَامٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ فَسَكَتَ ، حَتَّى قَالَهَا ثَلَاثًا ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَوْ قُلْتُ نَعَمْ لَوَجَبَتْ وَلَمَا اسْتَطَعْتُمْ . رواه مسلم
Dari abu Hurairah radhiyallohu anhu berkata Rasululloh shollallohu alaihi wa sallam pernah berkhutbah : wahai manusia , sesungguhnya Alloh mewajibkan atas kalian haji maka berhajilah , lalu berdirilah seorang seraya berkata : apakah setiap tahun  wahai rasullulloh ? maka beliau terdiam sampai orang itu menanyakan tiga kali , lalu beliau bersabda : jika aku menjawab iya pastilah wajib tiap tahun dan kalian tidak akan mampu ( HSR . Muslim )
Kemampuan dalam haji yang dimaksud adalah kemampuan badan dan harta dan adanya mahram bagi muslimah .

عن ابن عباس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : (تعجلوا إلى الحج فإن أحدكم لا يدري ما يعرض له ) .

Dari Ibnu Abbas radhiyallohu anhu , Naby Shollallohu alaihi wasallam bersabda : segerakanlah haji karena seorang dari kalian tidak tahu apa yang akan menghalanginya ( HR .Ahmad )
وعند ابن حبان وصححه الألباني عن أبي سعيد الخدري أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (إن الله تعالى يقول: إن عبدًا أصححت له جسمه ، ووسعت عليه في معيشته ، تمضي عليه خمسة أعوام لا يفد إلي لمحروم) .
Dari abu Said Alkhudry bahwa Naby shllallohu alaihi wasallam bersabda : sesungguhnya Alloh berfirman : sesungguhnya seorang dari hamba –Ku yang aku jadikan  sehatkan badannya dan Aku luaskan rezkinya namun berlalu hingga lima tahun ia tidak mengunjungi-Ku maka sungguh ia adalah seorang yang terhalang ( dari kebaikan ) ( HR.Ibnu Hibban dishahihkan Albany )

وقد روى البيهقي أن عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال: (لقد هممت أن أبعث رجالاً إلى هذه الأمصار , فينظروا كلَّ من كان له جِدَةٌ ولم يحج , فيضربوا عليهم الجزية , ما هم بمسلمين , ما هم بمسلمين ) .
Diriwayatkan oleh Al Baihaqy bahwa Umar bin Khattab radhiyallohu anhu berkata : sungguh aku ingin mengutus orang ke negeri – negeri itu kemudian mencatat setiap orang yang mampu namun tidak berhaji untuk diambil jizyah dari mereka sebab mereka bukan kaum muslimin, mereka bukan kaum muslimin ( HR.Baihaqy )
Maka bergembiralah seorang yang terpilih menjadi tamu Alloh Arrahman yang akan menjawab jika engkau bertanya , mengabulkan jika engkau meminta , mengampunimu jika engkau bertaubat .Maka mintalah yang terpenting dalam hidupmu yaitu bebas dari nereka , tidak memasukinya walau sekedip mata .
عن عائشة عند مسلم أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ((مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنْ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِي بِهِمْ الْمَلَائِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلَاءِ)) رواه مسلم
Dari aisyah radhiyallohu anha bersabda Rasululloh shollallohu alaihi wasallam : tidak ada satu hari yang Alloh lebih banyak membebaskan hamba dari neraka daripada hari Arafah , dan sungguh Ia mendekat mereka kemudian membanggakan mereka di hadapan para malaikat seraya berkata : apakah yang mereka inginkan ? ( HR.Muslim )
الصحيحين عن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ( العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما , والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة )) .
Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu berkata Naby shollallohu alaihi wasallam bersabda : Umrah ke umrah merupakan penghapus dosa antara keduanya dan haji mabrur tiada balasan baginya selain surga ( HR.Bukhary Muslim )
Haji mabrur adalah yang disempurnakan hukum-hukumnya dan dikerjakan sebaik-baiknya , dijauhkan dari dosa , dipenuhi dengan amal shalih dan kebaikan . Imam Nawawy rahimahulloh berkata :
قال النووي رحمه الله [ المبرور ] هو : الذي لا يرتكب صاحبه فيه معصية  ( رياض الصالحين (ص: 1635 )
Haji mabrur adalah yang tidak bercampur dengan kemaksiatan .
وفي الصحيحين أيضاً عن أبي هريرة رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى اللهه عليه وسلم يقول: ((من حج فلم يرفث ولم يفسق رجع كيومَ ولدته أمه))
Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu berkata aku mendengar Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : barangsiapa berhaji dan tidak melakukan rofats ( ucapan & perbuatan jorok ) serta kefasikan ia akan kembali seperti hari ketika dilahirkan ibunya ( Muttafaq alaih ).
Ibadah harta ini tidak akan mengurangi harta , justru akan menambahnya di dunia dan akhirat .
وعند أحمد والترمذي والنسائي وصححه الألباني عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِي الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ ، وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلَّا الْجَنَّةُ) .
Dari Abdulloh ibnu Masud radhiyallohu anhu berkata : bersabda Rasululloh shollallohu alaihi wasallam : ikutilah haji dengan umrah karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa seperti api menghilangkan karat pada besi, emas dan perak ( HR. Ahmad, Turmudzy dan Nasa’iy , dishahihkan Albany ).
Dalam haji juga terdapat ibadah badan .
وعند الطبراني بسند حسن عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ((ما أهل مُهِلٌ قط ولا كبّر مكبّرٌ قط إلا بشر بالجنة)) .
Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu bersabda Rasululloh shollallohu alaihi wasallam : tidaklah bertahlil dan bertakbir seseorang melainkan ia diberi kabar gembira dengan surga ( HR.Thabrany )
وعند الترمذي والنسائي وصححه الألباني أن النبي صلى الله عليه وسلم : ((من طاف بالبيت أسبوعًا [أي سبعة أشواط] فأحصاه [أي أتمه وأتى بشروطه وآدابه]كان كعتق رقبة، لا يرفع قدمًا ولا يضع أخرى إلا حَطَّ الله عنه بها خطيئة ، وكَتَب له بها حسنة)) .
.
Naby shollalohu alaihi wasallam bersabda : barang siapa thowaf di Ka’bah tujuh kali dan menyempurnakannya maka ia mendapat pahala membebaskan budak , dan tidaklah ( ketika melangkah ) ia mengangkat dan meletakkan telapak kakinya melainkan Alloh hapus kesalahan dan tuliskan kebaikan ( HR.Turmudzy dan Nasa’iy ).

Udh-hiyah / Kurban
Barangsiapa belum dapat beribadah haji dengan hartanya , maka ia dapat beribadah kurban sebagai pendekatan diri denga Rabb-nya.
{إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2)} [الكوثر: 1، 2]
Artinya : Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah ( QS .Kautsar 1-2 )
Sholat adalah ibadah badan terbesar dan menyembelih adalah ibadah harta yang terbesar .
Lihatlah bagaimana kaum musyrikin menyerahkan tumbal dengan menyembelih untuk setan dan sesembahan mereka , sedangkan kaum muslimin hanya menyembelih untuk Alloh semata .
{قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (162) لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ} [الأنعام: 162، 163]
Artinya : Katakanlah: Sesungguhnya sholatku, menyembelihku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. tiada sekutu bagiNya; dan demikian Itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)". ( QS .Al An’am 162 -163 )
Kita dilarang menyembelih dan memakan sembelihan yang dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada setan atau yang tidak disebutkan nama Alloh padanya .
لَعَنَ اللَّهُ مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللَّهِ وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ آوَى مُحْدِثًا وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ لَعَنَ وَالِدَيْهِ وَلَعَنَ اللَّهُ مَنْ غَيَّرَ الْمَنَارَ ». صحيح مسلم (6/ 84)
Naby shollallohu alaihi wa sallam bersabda : Alloh melaknat seorang yang menyembelih untuk selain Alloh ( setan / berhala ) , yang melindungi pelaku kejahatan , yang melaknat kedua orangtuanya dan yang merubah patok tanah ( HR.Muslim )
{وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَيُوحُونَ إِلَى أَوْلِيَائِهِمْ لِيُجَادِلُوكُمْ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ} [الأنعام: 121]
Artinya : dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, Sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik ( QS. Al An’am 121 ).
Alloh tidak membutuhkan sesuatu dari kita, kitalah yang selalu membutuhkan-Nya . Dia hanya menginginkan kita untuk bertaqwa agar mendapatkan keselamatan akhirat .

{لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ } [الحج: 37]
Artinya : Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. ( QS.Al Hajj 37 )

Alloh memberikan harta adalah agar dipergunakan untuk beribadah.Maka pergunakanlah kesempatan kekayaan sebelum datangnya kemiskinan, jangan sampai seorang muslim tidak pernah beribadah kurban seumur hidupnya .
عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال ( من كان له سعة ولم يضح فلا يقربن مصلانا )
Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu berkata bersabda Rasululloh shollallohu alaihi wasallam ; barangsiapa memilki keluasan harta namun tidak mau berkurban maka janganlah mendekati mushola kami ( HR.Ibnu majah, baihaqy , daruquthny dll )
Ia adalah ibadah yang agung, menjadi bukti iman seorang dengan Rabb-nya , juga penghibur bagi mereka yang belum dapat berangkat haji ;
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِذَا دَخَلَتِ الْعَشْرُ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّىَ فَلاَ يَمَسَّ مِنْ شَعَرِهِ وَبَشَرِهِ شَيْئًا ». صحيح مسلم (6/ 83 (

Dari Ummu Salamah radhiyallohu anha , Naby shollallohu alaihi wasallam bersabda : jika telah masuk sepuluh awal Dzulhijjah dan seorang dari kalian hendak berkurban maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sedikitpun ( HR .Muslim ).
Inilah agama islam , agama orang yang berserah diri kepada-Nya.Taat dan patuh saat ia memerintahkan dan melarang. Saat Alloh melarang makan minum maka kita pun berpuasa dan saat Alloh melarang berpuasa maka kita pun mematuhinya .
وَعَنْ نُبَيْشَةَ اَلْهُذَلِيِّ ( قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ ( { أَيَّامُ اَلتَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ, وَذِكْرٍ لِلَّهِ ( } رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Naby shollallohu alaihi wa sallam bersabda ; Hari- hari tasyriq ( 11-13 ) adalah hari – hari makan minum dan dzikrullah ( HR .Muslim dll ).
Kaum muslimin, bersyukurlah dengan kesempurnaan dan kemudahan Islam , serta jaminan Alloh untuk menjaganya, pelajarilah jalan –jalan keselamatan, beramallah dengan ilmu agama, tegakkanlah sholat lima waktu dengan berjamaah, perintahkanlah keluarga dan anak perempuan untuk menutup aurat, berpuasalah Ramadhan , berinfaqlah untuk menebus diri dari neraka, serta bertaqwalah kepada Alloh di setiap tempat dan keadaan. Niscaya Alloh akan datangkan keamanan dan kebahagiaan.
Wallohu a’lam bishowab
Washollillahumma ala man ba’atstahu rahmatan lil alamin wa ala alihi wa shahbihi ajmain .
Rabbana Atinaa fyddunya hasanah wa fyl akhirati hasanah wa qinaa adzabannar .
Amin.....
Abdul Hakim Lc

Jakarta , 8 dzulhijjah 1434 h / 13 oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar